Control Room di Grand City Mall Surabaya
admin | Fri, 22 Jan 2016
Pusat-pusat perbelanjaan, terutama di kota-kota besar, sudah pasti terdapat CCTV. Jumlahnya pun banyak, karena mall rata-rata memiliki ukuran gedung yang luas, sehingga diperlukan banyak CCTV untuk menjangkau semua kapasitas ruangan di dalam mall.

Dana yang cukup besar yang telah dikeluarkan tentunya sebanding dengan keamanan yang akan didapatkan pengunjung dan tingkat kepadatan pengunjung yang masuk ke dalam mall. Tiap harinya pun, mall-mall akan selalu penuh dipadati pengunjung, baik bagi mereka yang sekedar jalan-jalan, maupun yang berbelanja di sana. Karena faktor banyaknya orang yang berkunjung, keamanan 24 jam tidak akan cukup untuk memantau pengunjung dan karyawan, sehingga pemasangan CCTV diwajibkan bagi pengelola gedung. CCTV dapat dimanfaatkan untuk mengetahui ada tidaknya tindakan yang mencurigakan, karena terekam selama 24 jam, pengunjung pun bisa merasa lebih aman dan nyaman ketika berada di dalam mall meski sangat padat pengunjung.

Biasanya untuk mall-mall pusat perbelanjaan, tersedia control room. Control ini berisikan banyak alat-alat, termasuk monitor. Dari sinilah pengelola gedung bisa memantau pengunjung dan karyawan. Dengan demikian, pengelola gedung bisa meminimalkan terjadinya tindakan kejahatan, baik itu terorisme maupun, kriminalitas lainnya .